Blog Dosen Dr. Yonas Muanley, M.Th.

Blog dosen
Beberapa blog yang berisi bahan ajar yang saya buat dan ajarkan di beberapa Sekolah Tinggi Teologi. Ada yang dikopi paste dan diedit oleh orang-orang tertentu di STT dan diterbitkan dalam jurnal ilmiah tanpa menyebutkan sumber dari blog Liturgi yang saya buat dan memposting bahan Ajar Liturgi pada tahun 2011 di wordpress dan ada pula di blogspot tahun 2016, mengapa tahun 2016 karena beberapa tahun terdahulu (sebelum 2016), bagian postingan artikel terkena virus jadi saya mengedit ulang dan diterbitkan. Bahan ajar tentang Liturgika yang setelah mengajar beberapa kali untuk mata kliah Liturgika lalu saya menyebutnya dengan "Pertemuan Ter-Agung". Mengapa pertemuan ter-agung karena dalam ibadah gereja berlangsung pertemuan antara TUHAN dan umat-Nya. Itulah sebabnya pertemuan demikian disebut pertemuan ter-agung karena pertemuan yang di dalamnya umat bertemu TUHAN secara kolektif. Oleh karena bertemu TUHAN maka ada pengakuan dosa, mendengarkan firman TUHAN, memuji Tuhan, menyatakan persembahan syukur dan pada akhirnya umat menerima berkat TUHAN melalui tindakan simbolis yaitu penumpangan tangan oleh pastor atau pendeta yang memimpin ibadah. 

Berdasarkan pengalaman artikel arti Liturgi dikopi paste oleh 1-2 orang dan kemudian dimuat dalam jurnal maka sekarang saya memuat artikel di OSF.IO untuk mendapatkan DOI setelah itu saya posting sehingga saya punya perlindungan keamanan untuk aartikel saya di blog. Sekarang saya posting beberapa blog yang merupakan blog Dosen. Artinya blog yang dibuat untuk mengajar secara online. Semoga blog Dosen Dr. Yonas Muanley, M.Th. berikut ini dapat menginspirasi. Namun rekan-rekan tolong tidak dikopi paste dan diedit kemudian dimasukan dalam jurnal ilmiah. Tindakan tersebut membuat dosen yang menjadi dosen blogger dalam memposting artikel menjadi berkurang semangat untuk mempublikasi bahan ajar di blog. Harap tidak kopi paste. 

Bila ada yang kutip dari blog saya, tolong cantumkan sumber. Saya belajar dari rekan-rekan teologis dari keyakinan lain yang civitas akademikanya begitu jujur menyebut sumber dari bahan yang dikutip, padahal hanya beberapa kalimat saya di blog yang dikutip oleh mereka. Misalnya tentang pengertian efektivtas yang saya ambil dari disertasi saya dan saya membuat sebuah blog dngan topik TEORI EFEKTIVITAS. Saya tidak perlu menyebutkan Universitas tertentu yang mengutip artikel di blog saya, walaupun tidak terlalu banyak artikel saya dikutip tetapi mereka mencantumkan sumber dari mana mereka mengutip. Silakan lihat di Google Scholar Yonas Muanley. Di laman google scholar saya, akan nampak praktik dari sejumlah mahasiswa dari Universitas yang secara jujur menyebutkan sumber walapun hanya beberapa kata yang mereka kutip dari artikel saya di blog.

Berikut blog Yonas Muanley yang dikelompokkan dalam blog Dosen (Tridarma Perguruan Tinggi: Mengajar, Meneliti dan Mengabdi):

 Blog Bahan Ajar Prodi Pendidikan Agama Kristen

Blog Bahan Ajar PAK Multikultural

Bahan Ajar Pendidikan Agama Kristen Multikultural atau PAK Majemuk merupakan salah satu mata kuliah yang diberikan di Sekolah Tinggi Teologi di Indonesia untuk mempersiapkan calon-calon guru Pendidikan Agama Kristen untuk mampu menerima perbedaan di tengah-tengah negara kita Republik Indonesia yang juga multikultural. Pendidikan untuk menerima perbedaan demikian di mulai dari rumah, di masyarata atau RT, RW di mana kita tinggal dan perbedaan yang ditemukan di sekolah dan Perguruan Tinggi. Perbedaan itu tidaklain yakni perbedaan budaya, perbedaan sosial, perbedaan etnis, dan terlebih khusus perbedaan agama. Oleh karena itu Pendidikan AGama Kristen yang dilakukan di Indonesia adalah PAK yang inklusif tanpa kehilangan jati diiri sebagai pengikut Yesus yang percaya bahwa Yesus adalah TUHAN. Memang ada yang tidak menerima tetapi Negara menjamin kebebasan ber-agama. Dalam kebebasan beragama yang ber-asaskan Pancasila maka kita mendidik, meneliti dan mengabdi untuk membuat peserta didik yang kita ajar agar mampu menerima perbedaan, termasuk peredaan Agama. Bagaimana guru Agama Kristen dapat menerima dan bergaul dengan rekan-rekan teologis dari agama lain yang juga sudah diakui di Indonesia. Kita bersikap terbuka tidak berarti kita menghilangkan kepercayaan kepada Yesus sebagai TUHAN dan Juruselamat. Dalam keyakinan itu, kita berinteraksi tanpa harus memaksa orang lain menjadi Kristen karena mereka yang percaya kepada Yesus Kristus adalah TUHAN sebenarnya adalah karya Roh Kudus. Jika Roh Kudus bekerja dalam diri seseorang maka ia akan percaya Yesus adalah TUHAN dan Juruselamat pribadi. Jangan marah mereka yang menghina Yesus, Yesus sudah menanggung penghinan di salib dan mati serta bangkit dan naik ke Sorga.

Bahan Ajar Evaluasi PAK Online

Bahan Ajar Evaluasi menolong para pendidik untuk mengevaluasi pengalaman belajar (perubahan dalam diri peserta didik) dalam tiga level kecakapan yaitu: Kognitif, afektif dan psikomotorik agar mereka dapat mengasihi TUHAN dengan segenap kognitif, afektif dan psikomotorik.


Psikologi Pendidikan Agama Kristen

Blog Bahan Ajar Prodi Teologi dan PAK

Bila ingin kenal TUHAN yang luar biasa, penuh dengan mujizad maka belajarlah pada Sejarah yang dimulai dari Alkitab dan bagaimana isi Alkitab itu dipraktikkan oleh orang-orang pilihan TUHAN dalam memberitakan Injil kemudian melahirkan gereja maka jawabannya yaitu belajar sejarah. Belajar sejarah gereja adalah usaha melihat karya Allah Tritunggal pada masa lampau dalam diri orang-orang percaya. Dalam paradigma teologi seperti itu saya bersemangat untuk mengajar Sejarah Gereja dan pernah meneliti utkkeperluan tesis dengan Variabel Penelitian "Efektivitas Proses Pembelajaran Mata Kuliah Historika di STT Injil Arastamar (Saya mengajar sejak 1994- 2010), dan berpindah homebase ke STT IKSM Santosa Asih. Pertama mengajar sebagai asisten kemudian menjadi dosen penuh pada beberapa tahun kemudian,lalu tahun 2010 mendapat NIDN dari STT IKSM Santosa Asih

Bahan Ajar Sejarah Gereja Umum

Bahan Ajar Sejarah Gereja Asia Online

Bahan Ajar Sejarah Gereja Indonesia Online

Bahan Ajar Sejarah Gereja Indonesia

Blog Bahan Ajar Metodologi Penelitian

Metologi Penelitian Kualitatif

Kolokium Metodologi Penelitian


Blog Bahan Ajar Prodi Teologi

Liturgika

Pengalaman mengajar mata kuliah liturgika membuat saya menyimpulkan tentang ibadah gereja sebagai "Pertemuan Ter-Agung". Tema ini kemudian saya jadikan sebagai tema blog untuk memposting artikel-artikel yaitu bahan ajar yang saya tulis dari beberapa buku tentang Liturgi kemudian saya membuat diktat. Diktat mungkin daya jangkaunya terbatas. Oleh karena itu saya memutuskan untuk mempublikasi di blog agar rekan-rekan dosen yang mengajar mata kuliah Liturgika paling tidak mendapat sedikit pencerahan. Pernah ada yang meminta izin ke saya melalu telepon yang intinya meminta izin untuk menggunakan bahan saya di blog untuk menjadi bahan ajar di sekolah mereka. Saya kemdian mengizinkan dengan catatan, mencantumkan sumber yaitu dari blog yang saya buat untuk Liturgika. Namun ada pula yang saya duga secara enteng mengambil dan mengedit kemudian menerbitkan dalam jurnal ilmiah. Saya kecewa tetapi saya bersemangat lagi untuk menulis di blog. Saya anggap yang kopi paste artiekel saya dan dimuat di jurnal pasti sangat membutuhkan. Ya itu dugaan saya dan saya berpikir positif agar semangat entrepreneur saya dalam memanfaatkan gratis untuk menjadi media yang bermanfat tetap bergelora. Berikut saya cantumkan link bahan ajar Liturgika.

Bahan Ajar Liturgi yang terbit tahun 2011 di Wordpress

https://yonasmuanley.wordpress.com/2011/06/03/pendidikan-agama-kristen-liturgi-ibadah/

Bahan Ajar Liturgika (Pertemuan Ter-Agung) Terbit 2016

https://berliturgi.blogspot.com/2016/06/liturgi-kristen-mencerminkan-pertemuan.html

 Dua link materi Liturgika di atas saya sengaja memposting URL untuk membedakan tahun penerbitan artikel saya dengan dugaan saya atas kopi paste artikel yang diterbitkan di atas tahun 2016. Jadi jika menemukan artikel di jurnal ilmiah yang isinya mirip dengan artikel dalam kedua link di atas maka pembaca dapat membedakan tahun terbit artikel saya di blog dengan artikeldi jurnal ilmiah yang saya duga ada kemiripan dengan artikel di blog saya. Selain bahan liturgi tentang pengertian liturgi yang saya posting di blog,saya juga memiliki bukti berupa DIktat Litugi yang pernah saya ajarkan di sekolah di luar home base saya. Jadi, tidak sulit membedakan. Tata bahasa saya dalam membuat kalimat dalam paragraf menjadi cirikhas di blog dan juga di bahan ajar Liturgi yang pernah saya buat dan saya simpan bahkan pernah digunakan. Jadi, ada bukti fisik yang saya miliki. 

Blog Bahan Ajar Magister Teologi

Penggembalaan Lintas Budaya


Blog Bahan Ajar Magister PAK dan Teologi

Bahan Ajar Filsafat Ilmu Online

Bahan ajar yang saya sudah posting dapat dikategorikan dalam bagian pengabdian masyarakat. Saya menulis dan publik dapat membacanya di seluruh Indonesia maupun di dunia. Saya berusaha menjadikan blog sebagai bagian dari usaha Entrrpreneur.

Post a Comment

0 Comments