4 Jabatan Akademis Dosen

 4 jabatan akademis (fungsional) dosen pada umumnya dan khususnya dosen-dosen yang mengajar di Sekolah Tinggi Teologi yaitu: 

 

(1) Asisten Ahli (AA), 

(2) Lektor, 

(3) Lektor Kepala dan 

(4) Profesor (Prof.).

4 Jabatan di atas dapat dialami atau ditempuh oleh seorang dosen di Sekolah Tinggi Teologi yang ada di seluruh Indonesia. Misalnya peluang untuk mencapai Profesor. Untuk jabatan akademis Profesor di lingkup Bimas Kristen Kementerian Agama R.I. memang belum ada, yang ada yaitu mengurus jabatan dari Asisten Ahli sampai pada Lektor 200 dan Lektor 300. Sedangkan ke Lektor Kepala 400, 550 dan 700 serta jabatan akademis Profesor hanya dapat dilakukan di SIPAK Kemenag RI. Sipak yang dimaksudkan disini ada situsnya. Jadi mendaftar melalui situs SIPAK. SIPAK ini ada dalam lingkup Kementerian AGama R.I. Di situs SIPAK, sebagaimana yang saya sudah tulis dalam postingan terdahulu bahwa dosen-dosen di Bidang Keagamaan Islam, Kristen, Katolik, Hindu/Budha dan Kong Fu Chu dapat mengurus Lektor Kepala dan Profesor di Pendis. Ada situs untuk pendaftaran ke Lektor Kepala dan Profesor di situs Pendis.

Jadi jabatan akademis/fungsional dosen ada 4. Saya menggunakan istilah 4 tangga akademis dosen 


Tentu saya akan indahkan bila dari pihak Universitas.harus bergairah atau bersemangat dalam mengurus jabatan fungsionalnya. Mungkin semangat itu dapat terhambat atau terganjal dengan aspek praktisnya yaitu imbalan yang diterima dari homebase atas usaha dosen mengurus jabatan fungsional. Ada lembaga-lembaga pendidikan yang memperhitungkan JJA dosen dan memberi penghargaan dalam bentuk kompensasi rupiah yang diterima, namun ada pula yang tidak. Oleh karena itu perlu semangat. Pengurusan Jafung ini berfungsi untuk dosen dan lembaga pendidikan, khususnya dalam hal Akreditasi Perguruan Tinggi. Jangan sampai di STT terlalu banyak Asisten Ahli sedangkan Lektor belum ada sementara para dosen yang bergelar Doktor ada dalam STT. Namun kurang bergairah untuk mengurus Jafung karena reward yang diterima mungkin tidak ada. Saya dengan modal semangat mengurus Jafung Lektor 300. Saya sadar bahwa ini bermanfaat untuk lembaga di mana saya bekerja dan juga untuk saya sebagai dosen.

Dengan informasi singkat sebagaimana yang saya maksudkan di atas, dosen-dosen di STT 


Salam

Yonas Muanley


Blog Dosen Indonesia


Lektor 400:di Pendis

 


Post a Comment

0 Comments