Mobile Learning Pendidikan Agama Kristen Multikultural

Hari ini saya hendak menerapkan mobile learning, untuk itu saya membuat sebuah PPT Mata Kuliah Pendidikan Agama Kristen untuk disampaikan dalam kuliah hari ini tanggal 28 Maret 2022. Kuliah menggunakan metode mobile learning dengan menggunakan fasilitas free dari google. Materi yang saya maksud sbb:

Materi ini menggunakan pasword karena saya duga ada dosen yang kopi paste bahan ajar saya Sejarah Gereja dan diterbitkan menjadi buku, dan sudah diurus HAKI. Saya tahu dari Google scholar. Saya belum telepon ke dosen ybs. Ia mengajar di salah satu Institut Agama Kristen, namun saya tidak menyebutkan nama Institut tersebut. Bila ia membaca blog ini dan menyadari bahwa salah satu materi Sejarah Gereja Umum yang pernah saya tulis, saya sudah tahu penerbitnya dan nama dosen yang bersangkutan.


Mobile Learning atau pembelajaran yang berbasis handphone sebenarnya sudah lama ada dalam dunia pendidikan, hanya saja di dunia Sekolah Tinggi Teologi, kita kurang berusaha untuk berinovasi dalam metode mengajar. Pemanfaatan metode mengajar atau lebih tepat metode pembelajaran (belajar-mengajar) berbasis handphone bisa dilakukan secara sederhana. Kita cukup menggunakan produk google yang bersifat free (gratis) namun bermutu. Cukup kita punya email dari gmail, kita menyimpan bahan ajar dalam google form dan membuat link dan link tersebut dishortener (dipendekkan) dengan menggunakan ragam jasa pemendek link seperti di Bit.ly dll. Handphone yang dipakai juga beragam, bila ada tab seperti Samsung dll maka kita pergunakan itu sebaik mungkin. Tidak perlu bawa laptop. Setiap mahasiswa dapat mengakses melalui hp dengan link yang dibagikan. Bila punya blog maka Anda bisa tampilkan juga dalam blog selain menyimpan di google form, kita juga menampilkan di blog. Bahan yang ditampilkan di blog bisa diakses oleh mahasiswa. Misalya seperti yang saya lakukan dalam blog ini. Sekarang silakan baca bahan saya di laman blog ini:



Post a Comment

0 Comments