Kontrak Perkuliahan Filsafat Ilmu

Kontrak Perkuliahan yang disampaikan di laman blog dosen Dr. Yonas Muanley, M.Th. merupakan kontrak perkuliahan (baca: kesepakatan antara dosen dan mahasiswa atas sejumlah komponen dalam perkuliahan Filsafat Ilmu) yang disampaikan kepada mahasiswa Program Studi Sarjana Teologi dan Pendidikan Agama Kristen. Bagi saya (Yonas Muanley) merupakan pengalaman baru untuk mengajar Mata Kuliah Filsafat Ilmu di Program S1, biasanya saya mengaja Mata Kuliah Filsafat Ilmu di Program Magister di mana saya ber-homebase dan juga di beberapa STT yang mengundang saya untuk mengajar Mata Kuliah Filsafat Ilmu. Pada tataran Magister, saya biasanya menitik beratkan pengajaran Filsafat Ilmu pada 3 bidang Filsafat yaitu Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi. Untuk Program Sarjana, saya (Yonas Muanley) harus mencari referensi tentang pokok-pokok yang biasanya diajarkan di Mata Kuliah Filsafat Ilmu untuk Program Sarjana. Saya menemukan beberapa Universitas memiliki kurikulum FIlsafat Ilmu pada Program Sarjana namun tidak khusus menekankan tentang tiga bidang Filsafat yang saya sebutkan terdahulu. Pada Program S1 lebih banyak mempercakapkan Filsafat Ilmu dalam pengertian pengertian filsafat, Ilmu, dan beberapa pokok yang relevan dengan filsafat Ilmu. Selanjutnya menunggu postingan ontrak Perkuliahan dari saya. Kontrak Perkuliahan yang saya buat untuk mata kuliah Filsafat Ilmu itu berdasarkan pelatihan AA Universitas Negeri Solo. Jadi, komponen-komponen kontrak Perkuliahan Filsafat Ilmu, saya buat berdasarkan pelatihan AA yang saya terima di Universitas Negeri Solo beberapa tahun yang lalu.


KONTRAK PERKULIAHAN FILSAFAT ILMU (S1 TEOLOI DAN PAK) sbb:

Rekan-rekan Dosen Teologi dan Pendidikan AGama Kristen, mohon tidak didownload dan menjadikannya sebagai karya Anda, Saya tegaskan ini karena ada oknum dosen yang mengambil bahan Ajar Sejarah Gereja dan Bahan Ajar Liturgi dan menjadikan buku serta artikel Jurnal Ilmiah. Untuk bahan Sejarah Gereja yang diambil oknum dosen dan dijadikan buku Ber-HKI saya sudah tahu namanya dan tempat mengajarnya. Jadi, boleh Anda download Kontrak dan RPS Filsafat Ilmu yang saya bagikan disini, Mohon mencantumkan nama saya atau menyebukan bahwa Anda mengambil dari bahan Kontrak perkuliahan dan RPS saya. Khusus untuk kontrak perkuliahan Filsafat Ilmu akan mengalami perubahan setelah pertemuan dengan mahasiswa dalam pertemuan pertama. Dosen akan menjelaskan kontrak perkuliahan dan RPS, setelah itu mahasiswa diberi kesempatan untuk menanggapai isi kontrak perkuliahan Filsafat Ilmu, bila ada perubahan maka akan diperbaiki dan diberikan kepada mahasiswa sebagai hasil kontrak perkuliahan. Selanjutnya lihat Kontrak dan RPS Filsafat Ilmu untuk Program S1 berikut ini.


Post a Comment

0 Comments